Rekomendasi Lokasi Untuk Lihat Galaksi Bima Sakti

Skyofnight.net – Milky way atau sering disebut bima sakti adalah galaksi berbentuk spiral yang di dalamnya terdapat 200-400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya. Gelapnya malam ditemani dengan gemerlap bintang-bintang menambah suasana romantis. Gak cuma ada di drama Korea aja, Indonesia juga punya lokasi keren untuk menikmati milky way. Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai rekomendasi lokasi untuk lihat milky way atau galaksi bima sakti :

1. Dataran tinggi Dieng, Wonosobo.
Dataran Tinggi Dieng ini terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Perjalanan kesana ditempuh kurang lebih selama 5 jam dari kota Semarang. Di dataran tinggi dieng terdapat banyak tempat untuk menikmati milky way diantaranya Komplek Candi Arjuna, Candi Setiyaki, Bukit Sidengkeng, Bukit Sikunir, dan Gunung Prau.

Kamu yang ingin menikmati milky way di dataran tinggi dieng disarankan untuk kesana antara bulan mei hingga agustus, karena bulan itu merupakan musim kemarau. Selain itu karena milky way disaksikan pada malam hari sekitar pukul 23.00 hingga 03.00 pastikan kamu membawa pakaian hangat, karena suhu di dataran tinggi dieng pada siang hari saja sudah dingin apalagi ketika malam hari.

2. Ranu Kumbolo, Semeru.
Ranu Kumbolo memang selalu membuat kita ingin kembali kesana. Bukan hanya sunset dan sunrise saja yang indah di Ranu Kumbolo, milky way di tempat ini sanggup membuat kamu terkagum-kagum. Kamu yang ingin menikmati milky way di Ranu Kumbolo dapat berkemah di Ranu Kumbolo biar puas menikmati milky waynya. Perpaduan milky way dengan danau kumbolo yang cantik dijamin membayar semua rasa lelahmu untuk menuju kesana.

3. Gunung Bromo, Jawa Timur.
Gunung yang sangat populer di kalangan wisatawan ini juga memiliki milky way yang indah. Waktu yang tepat untuk menikmati milky way di Gunung Bromo adalah sekitar pukul 01.00 hingga 04.00 dan sebaiknya pada musim kemarau yakni sekitar bulan April hingga September. Milky way di Gunung Bromo ini banyak diakui wisatawan asing sebagai milky way terbaik di dunia lho.

Baca Juga : Penjelasan Bintang Berkelap kelip di Malam Hari

4. Pulau Kepa, Nusa Tenggara Timur.
Keindahan alam Indonesia tak bisa dipisahkan dengan daerah Nusa Tenggara, Pulau Kepa salah satunya. menikmati milky way di Pulau Kepa berbeda dengan milky way lainnya karena kamu akan menikmatinya ditemani dengan deburan ombak. Sayangnya akses ke Pulau Kepa cukup sulit karena tidak ada jalanan beraspal, sepi kendaraan bermotor dan warung-warung penjual makanan, bahkan hanya ada satu penginapan disini. Karena aksesnya sulit masih sedikit orang yang berkunjung kesana sehingga Pulau Kepa terkesan masih alami. Kamu yang ingin berkunjung kesini sebaiknya menyiapkan perbekalan yang cukup.

5. Segara Anakan, Nusa Tenggara Barat.
Danau yang terletak di kawah Gunung Rinjani ini menyimpan berjuta keindahan, milky way salah satunya. Kamu dapat menikmati milky way disini sambil berkemah di tepian danau segara anakan. Danau nya yang sebening kaca memantulkan gemerlap cahaya bintang-bintang di langit. Sekali lagi kamu yang ingin menikmati milky way sebaiknya datang di bulan kemarau.

6. Gunung Gede, Jawa Barat
Gunung Gede mungkin merupakan lokasi terdekat untuk menikmati milky way bagi kamu yang tinggal di ibu kota. Kamu yang ingin liburan singkat menikmati milky way cocok untuk ke Gunung Gede. Kamu yang ingin menikmati keindahan milky way di Gunung Gede, berkemahlah di alun-alun suryakencana sambil ditemani hamparan bunga edelweiss.

Milky way rata-rata ditemukan di daerah gunung, sehingga perlu perjuangan ekstra untuk dapat menikmati milky way. Apalagi kamu yang belum pernah naik gunung sebelumnya, tentu perjuangan mu menjadi dua kali lipat. Tapi tenang saja keindahan milky way yang kamu dapatkan tidak akan membuat perjuanganmu sia-sia, apalagi kalau kamu ditemani pasangan.